Saturday, October 4, 2014

Melukis Ikan Lou Han

Melukis ikan Lou Han yang pernah jaya di dunia ikan hias. Ikan Lou Han memiliki keunikan pada moncong jidatnya yang seperti monyet. Warna sisik-sisiknya juga sangat menarik dan memikat hati. Warna merah menyala, warna biru, warna hitam di tubuhnya membuat tampilan ikan hias ini terlihat cantik. Pada bagian tubuh ikan, terdapat corak-corak yang mirip rajah rangkaian huruf Cina. Jika rajah ini bisa terbaca dengan jelas, harga ikan hias ini bisa bernilai sampai puluhan juta rupiah.
Ikan Lou Han dipercaya sebagai pembawa keberuntungan bagi pemiliknya. Kepalanya yang bernonong itu mirip seperti monyet si raja kera Sun Go Kong. Ikan ini termasuk predator. Ia lebih suka hidup soliter dibandingkan bersama-sama dengan rekan-rekannya. Pakan ikan ini bisa berupa ikan-ikan kecil yang masih hidup.
Melukis ikan lou han
Melukis ikan Lou Han
Warna-warni ikan Lou Han menjadi kekuatannya. Disarankan untuk banyak bermain-main dengan warna-warna seperti merah, biru, hijau, kuning muda. Warna-warna ini adalah warna natural.Para pelukis aliran mooe indie, impresionis biasanya memilih warna-warna seperti ini.
Sebuah lukisan tidak hanya mempertunjukkan keindahan suatu obyek semata. Lukisan juga harus memiliki rasa yang bisa muncul dari obyek lukisan itu sendiri maupun dari sisi emosional si pelukis. Seperti yang tampak pada lukisan ikan Lou Han tersebut. Dari pengamatan obyeknya, pelukis ini melukis ikan Lou han dengan emosi yang ceria.
Saat membuat obyek lukisan, penguasaan perspektif juga penting diperhatikan. Walaupun sudut pandang yang dipilih dari arah samping, yang notabene lebih banyak terlihat perspektif dua dimensi saja. Namun, perspektif ikan secara menyeluruh harus diperhatikan supaya obyek ikan tampak pejal atau berisi. Tidak gepeng seperti kertas. 

No comments:

Post a Comment