Sunday, September 14, 2014

Koleksi Lukisan Keluarga Besar Yusnu

Ibu saya seorang guru seni rupa. Beliau mengajar kesenian di SMA Negeri Purwokerto. Tercatat, beliau mengajar pelajaran kesenian di SMA 1 Purwokerto dan SMA 3 Purwokerto. Pada dasarnya, beliau memiliki bakat melukis sehingga passion-nya terhadap seni rupa sangat besar. Karya-karya beliau tersimpan dalam koleksi lukisan keluarga Yusnu. Anda bisa menikmati lukisan-lukisan karya beliau di rumah.
Nama ibu saya adalah Narsipah. Beliau sempat ikut dalam suatu tim yang bertugas membuat rancangan gambar logo Kabupaten Banyumas. Logo Kabupaten Banyumas merupakan sumbangsih terbesar yang pernah dibuat oleh beliau.  

Koleksi lukisan keluarga besar Yusnu yang ada di video ini pernah dipamerkan. Lukisan-lukisan tersebut pernah dipamerkan pada kegiatan kesenian di Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) dan kegiatan pameran pembangunan Kabupaten Banyumas.
Karena ibuku adalah seorang guru seni rupa, beliau tidak menganut salah satu aliran dalam dunia lukis. Beliau melukis sesuai passion-nya. Hal ini dapat terlihat dari obyek-obyek lukisan yang beliau ambil. Ada obyek lansekap, obyek flora fauna, abstrak, kaigrafi, hingga melukis wajah.
Lukisan diri almarhumah ibu Narsipah
Almarhum Bapak dan Almarhumah Ibu Narsipah

Beliau yang pernah mengenyam pendidikan tinggi kesenian di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Jogjakarta tentu sudah begitu menguasai teknik-teknik menggambar yang baik dan benar. Hal ini dapat dibuktikan dari goresan-goresan yang dibuatnya saat melukis. Beliau juga menguasai teknik-teknik melukis yang menggunakan berbagai media. Mulai dari media pensil, crayon, cat air, cat minyak. Untuk teknik melukis dengan airbrush, beliau belum sempat mencobanya. Koleksi lukisan keluarga besar Yusnu yang ada di dalam video merupakan lukisan-lukisan dari berbagai macam media.

No comments:

Post a Comment